komputer jaringan

Sabtu, 23 Juli 2011

Sistem jaringan komputer

Sistem Koneksi Dalam Jaringan Komputer
  Didalam jaringan terdapat 2 (dua) dasar sistem jaringan komputer dalam koneksiannya antar komputer yaitu:


1. Peer To Peer (PTP)
   Peer to peer merupakan dasar jaringan komputer yang terkoneksi langsung antar komputer tanpa harus terhubung yang namanya HUB dan terdiri dari beberapa komputer saja antara komputer satu dengan lainnya sama-sama menjadi server dan client.

2. Client To Server (CTS)
   Client to server merupakan dasar jaringan komputer yang terkoneksi antar beberapa komputer salah satu komputer harus sebagai sever dan yang lainnya harus sebagai Client (bertindak sebagai pelayan atau layanan jaringan) serta menggunakan penghubung yaitu HUB.

3. Host Terminal
   Host terminal terdiri dari satu atau lebih server yang dihubungkan satu kesatuan yaitu Dumb Terminal (dumb terminal berupa sebuah monitor yang dihubungkan dengan menggunakan kabel RS-232).Untuk melakukan pemrosesan data jaringan ini menggunakan server yang merupakan jaringan host terminal yang mempunyai kemampuan pemrosesan data yang sangat tinggi dan penyimpanan data yang sangat besar.

 Macam-macam Jaringan Komputer
  a.Local Area Networking (LAN)
     Jaringan Local Area Networking merupakan jaringan yang terdapat pada kalangan tertentu seperti pada perkantoran atau organisasi dan terbatas pemakaiannya atau pada area kecil.
  b.Metropolitan Area Networking (MAN)
    Merupakan jaringan LAN dengan versi yang besar biasa disebut dengan jaringan Area Metropolitan yang biasa menjangkau antarwilayah bahkan sampai sat provinsi bahkan bisa terhubung dengan jaringan televise kabel.
   c.Wide Area Networking (WAN)
      merupakan jaringan yang cakupannya lebih luas lagikalo dilihat segi geografisnya dibandingkan dengan MAN dan jangkauannya bisa sampai antar Negara atau benua dengan menggunakan jalur satelit atau kabel bawah laut.Transformasi data atau dalam komunikasi bisa dilakukan dalam beberapa menit saja antar komputer dari beberapa wilayah atau beberapa Negara dengan menggunakan komputer yang disebut Host.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More